Wednesday, April 15, 2009

the star-architect

Senior saya di kampus pernah berkomentar yang membuat saya tergelitik,
"Dokter bisa jadi kaya, tapi arsitek cuma bisa terkenal!"

Kadar keberhasilan seorang arsitek, mau tidak mau paling banyak diukur oleh keternamaannya. Frank Gehry, Rem Koolhas, Zaha Hadid, MVRDV, Herzog&de Meuron adalah sebagian dari apa yang disebut 'star-architect', atau arsitek yang sudah terkenal dan menjadi selebriti di dunia arsitektur, memenangkan banyak penghargaan, dan lain sebagainya. Dan saya juga yakin bahwa mereka nggak hanya terkenal tapi juga kaya (walaupun kalau dibandingkan dengan dokter ya mana saya tahu).

Namun terlepas dari itu, keterkenalan seorang arsitek biasanya dicetus dari keberhasilannya membangun sesuatu yang serba 'wuahhh' dan membuat orang berdecak. Tipologi bangunan itu biasanya berjenis villa, museum, bangunan ekshibisi, atau jenis lain yang biasanya memang memiliki kebutuhan untuk menjadi 'wuahhh', dan membuat arsiteknya lantas digelari sebagai star-architect.

Saya tergelitik untuk membayangkan, bahwa seharusnya mungkin arsitek yang kita beri gelar 'bintang', bukanlah arsitek yang biasa berkubang di bentuk-bentuk yang menakjubkan, penuh liku dan liuk yang pada akhirnya akan menjadi tempat bergaul orang-orang berkantong tebal di seantero dunia. Namun justru arsitek yang rela berpeluh, bergulat bersama segala bentuk permasalahan di tipologi bangunan semacam perumahan orang miskin yang menjadi sarang konflik dan kesulitan sosial di bagian negara manapun di dunia ini.

Meet the real star-architect.

Dari negeri seberang:



Samuel Mockbee, America.



Hassan Fathy, Egypt.

Dan tentu dari negeri sendiri:



Romo Mangun, Indonesia.

Sayang ketiga orang ini sudah almarhum. Namun demikian semoga kiprahnya dapat selalu menginspirasi dan mengingatkan saya,akan arti posisi seorang arsitek yang sesungguhnya.
Hassan Fathy pernah berkata semasa hidupnya, bahwa arsitek adalah profesi yang unik yang selayaknya dapat mengembalikan kepercayaan orang terhadap budayanya sendiri. Bahwa mereka layak hidup dan layak berkarya.

Which star do YOU want to be?
;p



5 comments:

ageng said...

romo mangung de bes lah..

novel. said...

romo mangun. you know i'm a fan of him since long time ago. :p

novel. said...

eh si mockbee itu yang rural studio bkn sih?

kristanti paramita said...

iya, dengan kata2nya yang selalu diingat:
'everyone, rich or poor, deserves a shelter for the soul'

novel. said...

oh ternyata benar. yak saya juga kagum padanya. dan karyanya emang mantap2. :D

follow me