Tuesday, November 10, 2009

change


Sekarang saya sudah ada di Indonesia lagi.

Alhamdulillah sudah selesai main sekolahannya. Pulang ke Indonesia, dan kembali ke kehidupan saya yang sebelumnya. Beres-beres segala macam hal, hingga blog ini tertinggal sampai karatan. Untuk ada si bawel yang mengingatkan.

Sampai di rumah, segalanya berjalan seperti biasa. Tapi ketika saya pergi ke segala tempat, bertemu dengan segala macam orang, ada satu komentar yang nadanya kira-kira sama, dan membuat saya tergelitik.


orang1: 'ya ampun, kamu nggak berubah ya?'

saya: masa sih?

orang2: 'kamu ternyata masih sama aja ya kayak dulu!'

saya: oh ya?

orang3: 'ya ampun!elo masih kayak gini aja!'

saya: (entah apa maksudnya ini)

orang4: 'ih elo ngga berubah ya...cuman tambah gendut'

saya: .......................


komentar2 yang lucu maupun ngeselin seputar 'saya-yang-ngga-berubah-sama-sekali' itu mungkin merupakan ungkapan pengharapan agar saya menjadi pribadi yang lebih terlihat intelek atau dewasa, atau apapunlah yang dianggap sesuai buat lulusan s2. Sementara saya tetap jadi saya, yang ceroboh dan 'happy-go-lucky'.

Yang menarik, saya malah merasa bahwa sekeliling sayalah yang berubah. Si itu sudah punya pacar, si anu istrinya sudah hamil, si ini sudah mau menikah, blablabla... Pun ketika bertemu, saya merasakan bahwa mereka semua sudah (lebih) dewasa, sudah melesat cepat sementara saya masih kebingungan di belakang. Rasanya hampir seperti hidup saya terhenti ketika saya bersekolah disana, sementara kehidupan semua orang tetap berjalan disini.

Hal ini mirip dongeng jepang yang menceritakan seseorang yang pergi ke negeri bawah laut dan ketika kembali ke daratan mendapati ternyata waktu sudah berjalan 500 tahun selagi dia pergi. Semua yang dikenalnya sudah dikubur lama, sedangkan dia masih muda belia. Walaupun saya ngga tetep muda (tapi tetep merasa muda) perasaan tertinggal secara emosional itu sedikit terasa.

Mungkin sebentaaar lagi, saya akan berubah.

Mungkin ya.

*gambar di atas itu si urashimataro, orang jepang yang senasib sama saya. gambar diambil dari sini.

1 comment:

novel said...

gue juga tidak berubah.
cuman tambah gendut.
cuih.
pergi dari indonesia ternyata tidak membuat kita berubah ya?
i see it in a good way, though.

follow me