Monday, September 29, 2008

balada kecap dan saos


Kecap dan saos adalah nyawa orang Indonesia di negeri orang.

Haha, hiperbolis banget ya? Tapi sumpah itu beneran.
Pas nyampe ke Sheffield, saya bener2 terganggu sama rasa makanannya. Sumpah ga ada rasanya!!!!!

Huahahaha. Jadi, setelah udah pindah ke flat dan udah punya dapur buat tempat buat masak, pasti langsung semangat buat masak sendiri saking udah gak tahannya ma makanan British.

Ini kejadian lima hari yang lalu. Setelah membeli perlengkapan memasak, saya mau mencoba memasak. Dan mulai membeli bahan-bahannya. Dan saya mendapati diri saya.....kebingungan.

Soalnya, disini ternyata ga ada yang namanya bawang merah, cabai, kecap, sama saos sambel!!!! Rada nggak mungkin deh makanan Indonesia tanpa empat hal itu!!!!

Percobaan demi percobaan pun saya lalui dengan tabah walaupun menemui banyak kegagalan. Mulai dari pake bawang merah Inggris yang gede bgt (lebih gede dr bawang bombai sedikit, cuma warnanya merah) tapi ga nampol baunya, sampe beli cabe Inggris yang gak 'cabewi' sama sekali karena lebih mirip sodaranya paprika, mulai dari bentuk sampe rasanya.

Tapi yang paling bikin empet ya emang kecap ma saos sambel. Hari itu saya berniat untuk bikin nasi goreng. Udah capek-capek nyari toko arab buat beli kecap. Di dalem toko udah bongkar-bongkar nyari kecap manis. Akhirnya ketemu satu botol gede kecap yang keliatan kentel gitu. Saya mikir, "ini manis ngga ya?soalnya ga ada tulisannya sweet di label". Tapi akhirnya saya putuskan beli, karena di ingridientsnya ada tulisan mollases, yang harusnya manis donk. Selain itu saya juga beli chili sauce di toko lain, yang punya kayaknya orang timur tengah juga. hehehehe.

Sampe rumah, semangat bikin nasi goreng, mulailah meracik bumbu-bumbunya. Terus sampai saatnya menuang kecap. Sesendok dituang, nasi mulai berubah warna, saya cicip,"hhm, belum manis nih,". Saya tuang sesendok berikutnya, nasinya dah mulai kecoklatan, belum ada tanda-tanda sang kecap menampakkan rasanya. Sesendok kemudian, dan tu nasi goreng mulai nyaris item, belum juga ada rasanya. Jadi itu kecap rasa tawar!!!!! AAArrrrghhh!!!

Balik ke si chilli sauce, ternyata juga setali tiga uang. Jangan percaya sodara-sodara dengan chili saucenya orang Inggris karena rasanya pasti akan sama dengan....saos tomat. Hiks.

Akhirnya, balik ke makanan beku lagi deeeh. Nugget, here I come!!!!!!

(foto di atas adalah potret salah satu menu berbuka puasa saya dan kakak saya disini. Nasi basmati yang rasanya aga2 pera gimana gitu, ayam paprika yang gagal gara2 ga ada ayam mentah halal, nugget, dan samosa beku siap goreng. Praktis dan bermanfaat. Ohya, dan tak lupa si Chilli Sauce abal-abal andalan)

P.S: Belakangan saya kemudian dikasih tau sama Pak Perry, salah satu orang Indonesia yang udah lama stay di Sheffield, kalo saos sambel sungguhan memang gak dijual disini. Hiks. Hiks.

1 comment:

novel. said...

akan segera saya kirimkan sambal terasi ke UK. hahahahaha.

*kayanya lebih parah dari singapore.. << ya iyalah*

follow me