Thursday, October 9, 2008

maybe we're not that different at all


Hidup ini memang sulit diduga.

Foto diatas diambil sekitar seminggu yang lalu. Saat itu saya dan Jonny, teman satu kelompok--orang bule Inggris totok--sedang mengamati perumahan penduduk sekitar Sharrow [anggaplah itu suatu bentuk kotamadya di Sheffield].

Terus terang, pada saat itu saya sedang agak kesal. Saya merasa menjadi orang yang sangat terasing disini. Segalanya dalam diri saya berbeda dengan apa yang ada di sekeliling saya. Warna mata saya berbeda, kulit saya berbeda. Agama saya berbeda, lelucon saya berbeda.

Pun ketika paginya berjalan menuju Sharrow dari apartemen, saya sebagai pendatang berjalan pelan dan tak henti-hentinya celingukan, berusaha menemukan jalan. Berusaha mencerap semua detail dan penanda, untuk mengetahui arah. Sementara semua orang di sekeliling saya berjalan lurus dengan tatapan jauh ke depan, seakan semuanya sudah terpeta di pikiran.

Saya merasa sangat berbeda.

Kembali ke saat ketika saya berjalan-jalan bersama Jonny, kami melewati deretan perumahan yang dikelilingi pepohonan rimbun. Mengingat saat ini sudah musim gugur, daun-daun berguguran deras di sekeliling kami. Dan di antara kelebat daun-daun itu, tersembul berbutir-butir biji, yang terpotret di atas.

Saya tertarik, dan bertanya kepada Jonny, benda apa itu.

Jonny menjawab antusias, bahwa itu semacam biji yang dalamnya kosong. Namanya entah apa, saya sudah tak dapat mengingat dengan persis perkataan Jonny. Namun saya ingat dia bercerita, bahwa anak-anak Inggris biasa bermain dengan biji itu dan berlomba memecahkan kulitnya, karena akan berbunyi keras.

Saya tergelak.

Saya merasa lucu, karena mengetahui bahwa ada permainan serupa di negeri sendiri. Saya menggeleng, karena merasa bahwa kebetulan ini terlalu aneh, seakan saya diingatkan, akan hal yang tak diduga-duga sama. Seperti halnya permainan hide and seek, yang entah bagaimana begitu mendunia itu.

Saya seperti diingatkan, bahwa mungkin di lubuk hati kita, kita tidak terlalu berbeda. Maybe we are all conceptually the same.

Maybe.

No comments:

follow me